Selasa, 30 Juli 2013

Cara Pembuatan Kerajinan dari Koran Bekas

Kerajinan tangan dari barang bekas koran ini terbilang agak sulit. Ini karena dalam pembuatannya, kerajinan tangan dari kertas bekas memerlukan beberapa tahapan proses yang cukup sulit. Namun sebenarnya prosesnya sederhana, hanya saja untuk memperoleh hasil yang bagus dan kuat memang akan diperlukan alat bantu yang khusus.

Berikut ini kita akan bahas sedikit mengenai salah satu tehnik atau cara pembuatan kerajinan dari kertas :
  1. Bahan dasar yang harus disiapkan adalah koran bekas. Koran bekas biasanya bisa kita beli dengan harga yang cukup murah, yaitu sekitar Rp 1.000,- sampai Rp 1.500,- per kilonya atau sekitar 3-4 eksemplar.
  2. Kemudian lembaran-lembaran Koran tersebut dipilin atau dilinting semua.
  3. Setelah semua lembaran dilinting, lalu lintingan-lintingan Koran itu akan ditenun. Nah proses penenunan ini biasanya menggunakan alat khusus agar hasilnya rapi.
  4. Setelah ditenun, barulah koran bekas tersebut bisa dipotong atau dicetak sesuai dengan jenis kerajinan yang akan dibuat.
aneka sendal koran
Untuk membuat kerajinan kertas Koran ini kuat dan tahan air, biasanya para perajin akan menambahkan bahan khusus yang bisa memperkuat bahan Koran, dan membuatnya anti air. Selain itu, dari segi estetik, maka untuk mempercantik biasanya juga digunakan bahan lain. Misanya untuk membuat tas atau sandal bisa digunakan bahan tambahan berupa tali dari tanaman eceng gondok yang telah diolah. Ini akan membuatnya menjadi lebih unik dan lebih memiliki nilai ekonomis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar