Sabtu, 20 Juli 2013

Cara Membuat Termometer Sederhana

sekedar share aja, ini materi fisika yang gua pake buat praktek terakhir fisika disekolah, gampaaaaaaaaaaaaaaaaaaang banget haha :D prakteknya itu cara membuat  terometer sederhana ..
langsung aja ke alat dan bahan yang dibutuhkan :
-          Botol plastik                            - Bolpoin
-          Pewarna makanan (merah)      - Karton
-          Sedotan kecil                          - Isolasi
-       100 ml Alcohol 70%                - Gunting
-          Plastisin (lilin mainan)

  Langkahnya :
1.  isi botol plastik dengan alkohol 70% sebanyak 100 ml juga cukup dan mencampurkannya dengan pewarna  makanan berwarna merah cukup beberapa tetes aja sampe alkohol jadi warna merah.
  
2.   gulung lilin mainan di sisi sedotan sehingga di dapat salah satu ujung sedotan 
     lebih panjang dari sisi lainnya, 

 
3. Meletakan sedotan yang tadi di gulung dengan lilin mainan dimulut botol, jangan sampe ada celah buat 
   udara atau air keluar masuk dari sisi sedotan, dan satu-satunya tempat air keluar adalah sedotan itu sendiri
  
4. Membuat skala 1-10  cm *atau terserah lah sesuka hati kalian* di karton dan menempelkannya dengan 
    isolasi di sedotan thermometer yang sudah dimasukan ke dalam botol.
   supaya ga ribet gausah di tempel pake isolasi, di selipin di lillin juga bisa ko
    kaya gambar ini.
  
alat udah selesai di buat, mudah kan ? hehe
sekarang buat nyoba kerjanya masukin botol nya ke dalemwadah yang isinya air dingin kalo bisa sih pake es batu biar ngena HAHA kita liat apa reaksinya si termometer ini kalo pas dimasukin ke air dingin cairan merah nya bakal turun dan kalo dimasukin ke air hangat/panas cairan nya bakal naik kalo bereaksi kaya gitu ,, itu tandanya termometer nya BERHASIL \^,^/ yeeeeeeay #apasihgajelas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar